SEJARAH NASIONAL! Prodi PPKn Fild Trip ke Candi Penataran

Candi Penataran, sebuah kompleks candi yang terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sangat penting bagi sejarah nasional. Dikenal juga dengan nama Candi Palah, kompleks candi ini memiliki nilai sejarah yang kaya dan mendalam.

Dalam studi sejarah nasional di Candi Penataran, kita dapat menelusuri kejayaan Kerajaan Singhasari pada abad ke-13. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Kertanegara, yang merupakan salah satu raja terkenal dari Kerajaan Singhasari. Candi Penataran merupakan bentuk persembahan agama Buddha Mahayana, yang pada masa itu menjadi agama resmi kerajaan.

Dengan arsitektur yang megah dan detail ukiran yang halus, Candi Penataran memberikan gambaran tentang kebesaran Kerajaan Singhasari pada zamannya. Kompleks candi ini terdiri dari beberapa bangunan candi, termasuk candi induk yang ditempati oleh arca Buddha raksasa yang disebut “Bhumi Sambhara.”

Selain arsitektur yang memukau, Candi Penataran juga memiliki relief-relief yang memperlihatkan kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat pada masa itu. Kita dapat melihat gambaran tentang prosesi keagamaan, pesta rakyat, pertanian, serta masyarakat pedesaan yang hidup sederhana namun penuh kearifan.

Studi sejarah nasional di Candi Penataran juga mencakup penelusuran mengenai masa penjajahan Belanda di Indonesia. Pada awal abad ke-19, candi ini menjadi tempat penelitian oleh para arkeolog Belanda yang tertarik dengan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. Hasil penelitian mereka memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengenalan kompleks candi ini kepada dunia.

Melalui studi sejarah di Candi Penataran, kita dapat lebih memahami perjalanan sejarah Indonesia, kejayaan Kerajaan Singhasari, dan kekayaan budaya yang melingkupi candi ini. Marilah kita jaga dan lestarikan peninggalan sejarah ini demi masa depan yang lebih baik.

Share:

Author: Admin FKIP

Related Articles