Kegiatan In House Training (IHT) Bagi Guru Terkait Kurikulum 2013 Revisi

Acara Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kali ini diselenggarakan di di Hall Kampoeng Coklat Kademangan pada tanggal 24-25 Juli 2019.  PkM ini dengan tujuan untuk memberikan stimulus positif terhadap guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan pedoman dan tuntutan kurikulum K13 revisi serta memberikan stimulus untuk membuat soal dengan taraf HOTS. Adapun peserta yang menjadi objek acara PkM kali ini adalah guru SMPI dan SMKI Anharul Ulum Kademangan. Acara pada tanggal 24 Juli 2019 dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan dibuka oleh kepala sekolah SMPI Anharul Ulum Ibu Nur Latifah, S.Pd. dan sambutan dari ketua kegiatan PkM Ibu Eva Nurul Malahayati, M.Pd.

Setelah acara pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan pokok seputar materi 1) Pedoman Penerapan Kurikulum 2013 revisi 2018, 2) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), literasi, keterampilan abad 21, dan HOTS, 3) Analisis Dokumen SKL, KI-KD, 4) Analisis Penerapan Model-model Pembelajaran, dan Tanya jawab oleh Ibu Eva Nurul Malahayati, M.Pd. selama 8 jam, maka acara ditutup pada jama 15.30 WIB. Kemudian acara dilanjutkan pada keesokan harinya pada tanggal 25 Juli 2019 dengan materi 1) Teknik dan Instrumen Penilaian, 2) Perencanaan, Penilaian, dan Pelaporan Hasil Belajar, dan Tanya jawab yang disampaikan oleh Ibu Mar’atus Sholihah, M.Pd selama 3 jam. Acara selanjutnya adalah bimbingan teknis terkait penyusunan perangkat pembelajaran yang sesuai Kurikulum 2013 Revisi yang berlangsung selama 3 jam.

Terlaksananya kegiatan PkM ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan guru terhadap implementasi dan tuntutan kurikulum K13 revisi serta penyusunan soal HOTS yang lebih baik walaupun untuk mencapai harapan tersebut diperlukan kesabaran dan keuletan serta waktu yang cukup panjang. Tidak lupa kami (tim dosen) mengucapkan terima kasih kepada LPPM UNISBA Blitar, FKIP UNISBA Blitar, dan Yayasan Pesantren KH Mohamad Dawami Nurhadi Kademangan yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan PkM di SMPI dan SMKI Anharul Ulum Kademangan. Berkat kerjasama serta dukungan dari berbagai pihak yang dengan sukarela menyisihkan sebagian materi, waktu, tenaga dan pikiran acara PkM ini dapat terselenggara dengan sukses. Demikian press release acara PkM di Hall Kampung Coklat bersama guru-guru SMPI dan SMKI Anharul Ulum Kademanagan Kabupaten Blitar 2019. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Share:

Author: superadmin

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *